Sholat Tahiyatul Masjid di Mushola

  • Whatsapp
tahiyatul masjid
dok: berkeleymasjid

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika kita masuk masjid sebagai penghormatan terhadap masjid. Kecuali Masjidil Haram tidak ada sholat tahiyatul masjidnya. Sebagai penggantinya adalah melakukan thawaf saja Imam ar-Ramli rahimahullah seorang ulama besar madzhab Syafi’i menyebutkan sebagai berikut:

Ketahuilah bahwa sesungguhnya penghormatan itu ada banyak bentuknya. Penghormatan terhadap masjid dengan cara shalat, penghormatan ka’bah dengan cara thawaf, penghormatan terhadap tanah haram dengan cara ihram, penghormatan terhadap Mina dengan cara melempar jumrah, penghormatan terhadap Arafah dengan cara wuquf, penghormatan terhadap seorang muslim dengan cara mengucapkan salam dan penghormatan sang khatib dengan cara khutbah hari jumat.

Read More

Pertanyaan yang sering muncul adalah ketika kita masuk mushola apakah disunnahkan sholat tahiyatul masjid juga? Atau adakah sholat tahiyatul mushola?

Maksudnya bolehkah kita sholat tahiyatul masjid tapi bukan di masjid. Yaitu sholat tahiyyatul masjid di musholla.

Dijelaskan dalam buku “33 Macam Jenis Sholat Sunnah” karya Muhammad Ajib Lc., MA. , sebetulnya musholla itu kan maknanya adalah tempat sholat. Masjid juga maknanya tempat sujud atau sholat.

Jadi mau pakai istilah apa saja jika itu adalah tempat sholat ya sama saja. Hanya beda istilah penyebutan saja.

Di Indonesia ini kita mengenal ada banyak istilah tempat ibadah misalnya mushola, langgar, surau dan lain lain.

Para ulama mengatakan bahwa masjid itu adalah bangunan yang diniatkan secara wakaf untuk ibadah. Artinya bukan bangunan yang berada di tempat yang disewa.

Maka dari definisi ini musholla itu berarti termasuk dalam definisi masjid sebab musholla adalah tempat ibadah di tanah wakaf. Artinya kita boleh dan disunnahkan melakukan shalat tahiyatul masjid di musholla yang memang sudah diwakafkan.

Namun jika musholla tersebut berada di tempat yang disewakan seperti musholla di perkantoran dan lain lain maka ini tidak termasuk definisi masjid.

Artinya kita tidak bisa melakukan sholat tahiyatul masjid di musholla yang seperti ini. Sebab mushollanya tidak berada di tempat tanah wakaf. Wallahu a’lam.

Imam ar-Ramli rahimahullah (w. 1004 H) seorang ulama besar madzhab Syafi’i menyebutkan sebagai berikut:


Dan tidaklah tercakup dalam definisi masjid yaitu ribath, mushola ied (lapangan) dan bangunan atau ruangan yg terletak di tanah sewa dalam bentuk masjid, sekalipun diizinkan untuk shalat di situ oleh mereka yang membangunnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *