8 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan banyak sekali. Jintan hitam atau yang akrab dikenal dengan nama habbatussauda bukanlah sekadar biji-bijian biasa.

Read More

Berabad-abad lamanya, Nabi Muhammad SAW mengingatkan manfaat habbatussauda dalam sebuah sabda: “Gunakanlah Al Habbatussauda’, karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut).” (HR. Bukhori dan Muslim).

Lalu apa saja manfaat Habbatussauda? Berikut 8 manfaat habbatussauda untuk kesehatan:

1. Habbatussauda bermanfaat menurunkan berat badan

Kombinasi air hangat, madu, dan lemon sering direkomendasikan untuk mereka yang sedang diet.  Sekarang tambahkan sejumput bubuk biji habbatussauda ke dalam campuran ini dan lihat cara kerjanya.  Banyak peneliti kesehatan mengklaim bahwa biji kalonji ini adalah bahan ajaib yang membantu menurunkan berat badan.

2. Mencegah Diabetes

Ini mungkin salah satu manfaat paling dikenal dari habbatussauda. Jika Anda sudah menderita diabetes, minyak habbatussauda juga bisa membantu mengelolanya. Ambil setengah sendok teh minyak dalam secangkir teh hitam setiap pagi, dan lihat perbedaannya dalam beberapa minggu.

3. Menghilangkan Sakit Kepala

Salah satu masalah masyarakat urban yang paling umum saat ini adalah sakit kepala. Alih-alih minum pil, gosokkan minyak habbatussauda di dahi Anda dengan rileks, dan tunggu sampai sakit kepala Anda hilang. Tidak ada pengobatan rumahan yang alami seperti ini. Baca juga: 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Meringankan Asma

Menumbuk biji jintan hitam dengan sedikit madu dapat meningkatkan daya ingat. Dan jika Anda mencampurkannya ke dalam air hangat dan minuman, ini juga membantu meringankan masalah pernapasan (termasuk asma) pada anak-anak dan orang dewasa. Anda lakukan ini setidaknya selama 45 hari, dan hindari minuman dingin dan makanan selama periode waktu tersebut. Baca juga: 8 Cara Membersihkan Kacamata yang Benar

5. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi yang menderita atau memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi dapat meminum setengah sendok teh minyak habbatussauda dengan air hangat. Hal ini menjaga hipertensi tetap terkendali.

6. Melindungi Ginjal

Batu ginjal adalah masalah sebagian masyarakat kita. Penelitian menyebutkan bahwa setengah sendok teh minyak habbatussauda dengan dua sendok teh madu dan air hangat dapat membantu menghilangkan sakit ginjal, batu dan infeksi. Namun Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pola makan yang tepat.

7. Membuat Gigi Lebih Kuat

Tahukah Anda bahwa habbatussauda telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah gigi seperti gusi bengkak atau berdarah, dan gigi yang lemah? Tentu Anda perlu ke dokter gigi, tapi Anda juga bisa memijat gigi dengan dadih (air susu sapi) dan sedikit minyak habbatussauda dua kali sehari untuk memperkuat gusi Anda.

8. Memperkuat Imunitas

Minyak habbatussauda, madu dan air hangat memiliki lebih dari satu khasiat. Selain yang telah disebutkan, ini juga dapat membantu memperkuat imunitas Anda jika dikonsumsi setiap hari. Jika Anda menambahkan minyak habbatussauda ke dalam air mendidih dan menghirup asapnya, ini juga dapat mengurangi hidung tersumbat, dan membantu mereka yang menderita masalah sinus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *