10 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

  • Whatsapp
manfaat daun kelor

Manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah pembahasan kita kali ini. Ada ungkapan yang sering kita dengar yaitu “Hidup tidak selebar daun kelor”. Memang seberapa lebar sih daun kelor?

Ciri-ciri Daun Kelor

Daun kelor itu berukuran kecil dan berbentuk oval dan cenderung melengkung. Bentuknya seperti tetesan air mata. Nah, rata-rata panjangnya sepanjang 1-2 sentimeter dan lebarnya 0,5-1 sentimeter.  Teksturnya berbulu hijau cerah halus, tebal, dan tegas, juga tumbuh dalam struktur tiga lipatan. 

Read More

Daun kelor menawarkan rasa yang agak gurih pahit dan sering kali memiliki panas seperti lobak.  Selama proses memasak, kelor mengeluarkan aroma yang cukup menyengat.  Daun kelor tumbuh di pohon dengan ranting-ranting yang terkulai dan juga dikenal karena buahnya yang menggantung yang mengandung biji bundar berwarna coklat tua.

Manfaatnya Buat Kecantikan

Selain enak untuk diolah sebagai sayur bening pengganti bayam, campuran telur dadar atau salad, daun kelor memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan.

1. Mencegah Kelelahan

Pada waktu tertentu, 1 dari 5 orang merasa sangat lelah, dan 1 dari 10 orang mengalami kelelahan yang berkepanjangan saat beraktivitas seharian.

Satu porsi bubuk olahan daun kelor sekitar 10 gram atau 2-3 sendok teh) mengandung zat besi: 32,2% dari kebutuhan harian Anda (NRV) dan vitamin A: 18,9% dari NRV.

Zat besi sangat penting untuk mengurangi kelelahan-kelelahan dalam tubuh, dan vitamin A mendukung metabolisme zat besi memastikan penyerapan yang lebih besar. 

Menambahkan daun kelor ke dalam rutinitas harian Anda adalah cara alami yang efektif untuk mencegah kelelahan.

2. Bikin Kulit Bercahaya dan Peremajaan Kulit

Daun kelor pernah digembar-gemborkan oleh majalah Vogue sebagai “mendefinisi ulang kecantikan dari dalam.”

Hal itu tidak bisa dipungkiri, sebab daun kelor juga penuh dengan vitamin yang baik untuk kulit sepert vitamin A sebesar 18,9% dari NRV dan vitamin E sebesar 16,9% dari NRV.

Vitamin A penting untuk kesehatan, kulit bercahaya dan vitamin E melindungi sel dari stres oksidatif yang membantu melawan tanda-tanda penuaan.

Antioksidan sangat penting untuk melindungi, memperbaiki, dan mencegah kerusakan sel, meminimalkan proses penuaan kulit dalam jangka panjang.  Mereka membantu menangkal stres oksidatif dan efek radikal bebas.  Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak kolagen yang menyebabkan kulit kering, garis-garis halus, keriput, dan penuaan dini.

3. Ketahanan Tubuh

Salah satu manfaat daun kelor terbaik adalah kekuatannya yang meningkatkan kekebalan tubuh.  Mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk membantu tubuh kita mencegah infeksi dan penyakit. 

Banyak penelitian telah dilakukan tentang potensi daun kelor sebagai agen anti-kanker.  Daun kelor telah terbukti memiliki sifat menguntungkan dalam memerangi sel kanker payudara dan usus besar.

4. Pertumbuhan Otot

Daun kelor oleifera hampir 25% mengandung protein, yang luar biasa tinggi untuk ukuran tanaman.  Bubukny mengandung 9 asam amino esensial yang menjadikannya sumber protein lengkap, mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot. Tentu cocok sekali buat penampilan cowok yang sedang membentuk badannya agar ideal.

Kandungan protein yang tinggi dari kelor membuatnya sangat bermanfaat bagi vegan dan vegetarian yang sedang berjuang untuk mendapatkan pasokan protein yang cukup.

Coba deh mengocoknya menjadi smoothie saat atau sebelum workout, atau cukup menyantap sayur bening kelor, ini cara mudah meningkatkan asupan protein Anda!

5. Anti-Stres

Sebuah studi tahun 2010 dalam Jurnal Penelitian Farmakologi dan Farmakodinamik mengkonfirmasi bahwa daun pohon kelor adalah adaptogen alami yang kuat.

Apa itu adaptogen? Adaptogen  adalah tumbuhan atau tanaman yang melindungi tubuh dari efek racun (dalam hal ini stres).  Digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok, daun kelor membantu mengurangi stres dan meningkatkan perhatian dan daya tahan dalam menghadapi kelelahan.  Studi menunjukkan bahwa adaptogen tidak hanya membantu tubuh untuk mengatasi stres, tetapi dapat meningkatkan kesehatan dan kinerja secara umum.

6. Pencernaan

Daun kelor mengandung serat 24% yang dapat membantu mendukung sistem pencernaan yang sehat dan keteraturan usus.  Serat juga dapat membantu pengaturan berat badan karena membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan mendukung metabolisme yang sehat.

 7. Menambah Energi

 Kelor adalah sumber yang kaya akan zat besi (32,2% NRV) dan kalsium (24,7% NRV), yang keduanya mendukung metabolisme penghasil energi.  Smoothie hijau dengan kelor di pagi hari akan membuat Anda merasa baik dan berenergi sepanjang hari!

 8. Penglihatan Mata Jadi Bening

Memiliki mata yang sehat dan penglihatan normal adalah sesuatu yang tidak dapat diraih begitu saja tetapi membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga fungsi normalnya. 

Kelor adalah sumber vitamin A (18,9% NRV per porsi) yang berkontribusi pada penglihatan normal, mata jadi jernih.

9. Anti-Diabetik

Biasanya daun kelor digunakan dalam obat-obatan tradisional, penelitian ilmiah baru-baru ini telah mengkonfirmasi bahwa kelor sebenarnya adalah cara yang berhasil untuk mengobati diabetes, dan terbukti menurunkan kadar glukosa darah.

Selain itu, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mereka yang makan makanan kaya protein nabati dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 (T2D).  Sebuah studi 19 tahun oleh University of Eastern Finland telah menemukan bahwa mengganti hanya 5 gram konsumsi protein berbasis daging sehari dengan sumber nabati, dapat mengurangi risiko timbulnya T2D sebanyak 18% – kelor sendiri mengandung 25% tanaman  protein.

10. Bagus Buat Struktur Tulang

Mempertahankan tulang yang kuat dan sehat adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan.  Nggak lucu kan memiliki kulit bagus tapi tulang bermasalah. Daun kelor oleifera kaya akan vitamin K (158,7% NRV), protein (25%), dan kalsium (24,7% NRV) yang semuanya mendukung tulang agar berfungsi dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *