Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Gedung DPP PKS

  • Whatsapp
gedung dpp pks

Hal yang perlu diketahui mengenai gedung DPP PKS (Partai Keadilan Sejahtera) menjadi pembahasan kali ini.

Diketahui, PKS adalah salah satu partai politik kenamaan di Indonesia. Partai yang punya sebutan partai dakwah ini pernah dua tahun menjadi partai koalisi pada era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dua tahun menjadi partai oposisi pada era presiden Joko Widodo atau Jokowi.

PKS dikenal sebagai partai yang tidak memiliki banyak uang namun memiliki banyak kader dan simpatisan yang militan. Hal tersebut terlihat dari setiap kontestasi politik atau pemilihan umum kepala daerah, juga dinilai beberapa elemen masyarakat sigap saat ada bencana alam.

Sebagai partai politik, PKS yang lahir di era reformasi ini memiliki kantor kesekretariatan atau gedung pusat yang disebut markaz dakwah. Berikut beberapa informasi mengenai gedung Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS.

Lokasi Gedung DPP PKS

Lokasi markaz dakwah PKS berada di jalan TB.Simatupang nomor 82 Pasar Minggu, Jakarta dengan kode pos 12520 dan nomor telepon (021) 7884 2116. Tepat di depannya ada fly over ke arah Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Ke sini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Apabila naik commuter line atau kereta rel listrik (KRL), kamu bisa turun di Stasiun Tanjung Barat. Kemudian naik angkot arah Pasar Minggu dan turun di bawah fly over.  Bisa angkot warna biru atau warna coklat dengan ongkosnya sekitar Rp2.000. Juga bisa jalan kaki dari stasiun sekitar 10 menit hingga 15 menit.

Tamu yang datang akan ditanya-tanya lebih dahulu oleh sekuriti dari keperluan hingga identitas diri seperti standar gedung di Jakarta pada umumnya. Sampaikan saja jika ada keperluan di sana dengan baik dan akurat. Juga pengecekan suhu badan saat ada pandemi.

Baca juga: Bendera Indonesia

Bangunan Gedung dan Mushola

Gedung PKS memiliki lima lantai. Lantai pertama adalah lobby dan aula. Lantai lainnya adalah kesekretariatan hingga beberapa bidang. Uniknya setiap lantai memiliki tempat wudhu yang berdekatan dengan water closet (WC), barangkali untuk memudahkan para pengurusnya untuk wudhu setiap waktu sholat ataupun bersuci setelah buang air besar maupun buang air kecil.

Untuk menuju ke lantai bisa ditempuh dengan lift maupun melewati anak tangga. Hanya saja ketika sudah di lantai atas tidak semua orang bisa masuk, karena harus memiliki kartu akses khusus. Biasanya ada kartu khusus untuk tamu jika sudah mendapatkan izin masuk.

Di samping gedung ada tempat parkir motor. Di atasnya ada mushola yang biasa digunakan para pengurus untuk sholat berjamaah lima waktu.

Tempat sholat juga ada di pos sekuriti sebenarnya. Mushola ini tidak hanya diperuntukkan untuk sekuriti, tapi juga orang luar yang sedang menunggu bus. Sekadar diketahui, depan kantor DPP sering dijadikan tempat para pekerja menunggu bus jurusan Bekasi. Makanya setiap kali bulan Ramadan, PKS kerap menyediakan takjil untuk para penunggu bus yang ditaruh di depan pos sekuriti. Menu takjil sederhana seperti kurma, air putih mineral botolan atau kadang gorengan maupun lontong isi.

Di samping mushola parkiran, ada dua kantin. Yang satu kantin kejujuran, siapapun yang beli dipersilakan ambil sendiri dan mengambil kembalian sendiri di wadah uang yang telah disiapkan. Harga-harga makanan sudah tertulis di labelnya. Sementara satu kantin lagi ada penjualnya. Di situ bisa memesan minuman jus buah yang segar, gorengan yang hangat juga makanan-makanan yang harus dimasak saat ada yang memesan seperti nasi goreng, mie rebus atau kadang ada pempek.

Dibandingkan dengan partai politik lainnya, Gedung PKS bisa dikatakan sangat sederhana sekali. Apalagi bila dibandingkan dengan Partai Nasional Demokrat alias Nasdem. Toilet buat tamu saja kayak toilet hotel bintang lima. Setiap kali mencet urinoar saja keluar musik yang cukup keras.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments