Doa Tidur dan Adab-adabnya

  • Whatsapp
doa sebelum tidur
Dok: Ilnur Kalimullin/Unsplash

Doa tidur dan adab-adabnya itu penting. Tidur merupakan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT. Aktivitas tidur juga bagian dari memenuhi hak tubuh. Tubuh akan pulih setelah digunakan seharian.

Normalnya, siang hari kita gunakan untuk mencari nafkah. Maka, malam hari kita gunakan waktunya untuk istirahat.

Read More

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Alfurqon ayat 47, yang artinya: Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.

Allah SWT menyuruh kita tidur kita bukan tanpa alasan. Dr. Zainab Ali Ahmad bilang tidur merupakan aktivitas fisik yang sangat penting. Pertama, saat tidur, anggota tubuh kita yang sangat vital bisa istirahat. Syaraf-syaraf otot akan pulih dan tekanan darah jadi stabil. Selain itu kinerja jantung jadi optimal dan tidak gampang sesak napas. Yang kedua, kinerja organ kita tidak merasa dipaksa. Organ juga memiliki kesempatan menyimpan glikogen dan diubah menjadi gula, dan lain-lain.

Suatu kali, seorang ayah pernah menasihati anaknya untuk doa sebelum tidur. Sebab, tak ada satupun orang yang tahu kapan maut menjemput. Dan belum tentu bertemu esok hari saat waktu bangun tidur.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita melakukan doa tidur dan adab-adabnya. Selengkapnya sebagai berikut:

Pertama, wudhu sebelum tidur

Wudhu tidak hanya dilakukan ketika mau sholat. Namun juga bisa dilakukan sebelum tidur. Wudhu sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar kita tidur dalam keadaan suci dan dijaga oleh malaikat. Selain itu, tidur pun menjadi tenang dan tidak gelisah.


Kedua, doa sebelum tidur

Ya, Berdoa sebelum tidur. Berdoa agar kita dilindungi Allah SWT dari segala bentuk gangguan. Baik gangguan jin, maupun gangguan dari hewan yang tidak kita kehendaki.

Berikut ini bacaan doa sebelum tidur, latin dan artinya:

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahya wa bismika amuut

Artinya: Wahai Allah, atas nama-Mu aku mati dan atan nama-Mu aku hidup. (HR.Tirmidzi)

Ketiga, tidur berbaring ke sisi kanan

Ya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur menghadap ke sisi kanan bisa membantu organ pencernaan. Organ akan bekerja lebih optimal dan tentu saja tidur lebih nyenyak.


Keempat, tidur di awal malam

Tidur lebih awal malam itu baik. Sebab, tidur lebih awal malamkita akan bisa bangun lebih awal pula. Kita memiliki waktu yang cukup untuk sholat tahajud. Juga sholat subuh kita tidak kesiangan.

Lebih baik tidur setelah Isya, sekitar pukul 20.00-22.00 WIB. Dengan syarat, sudah tidak ada aktivitas yang sangat mendesak. Jangan tidur sehabis sholat Magrib. Sebab, hal ini tidak dianjurkan oleh Rasululllah SAW.

Kelima, tidur dalam keadaan gelap

Konon, saat kita tidur dalam keadaan gelap, tubuh kita akan menghasilkan melatonin. Melatonin adalah hormon yang bisa mencegah tubuh kita dari kanker payudara dan kanker prostat. Jadi, tidur dalam keadaan gelap itu baik buat kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *