Doa Selesai Sholat Istikharah, Agar Tak Bingung Lagi Menentukan Sesuatu

  • Whatsapp
sholat istikharah
Photo by Satria SP/Unsplash/Creative Commons

Doa selesai sholat istikharah menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang kita alami. Tentu saja harus mendirikan sholat istikharah terlebih dahulu. Sebuah sholat yang dibutuhkan ketika kita sedang bingung menentukan sebuah pilihan. Masalah yang kita hadapi bisa berupa bingung menentukan siapa yang akan menjadi pendamping hidup, bingung menentukan karier atau pekerjaan dan lain sebagainya.

Waktu Pengerjaan Sholat Istikharah

Sholat ini bisa dikerjakan kapanpun. Boleh siang maupun malam hari. Asalkan tidak menyalahi waktu seperti waktu-waktu yang dilarang untuk mendirikan sholat seperti habis Subuh atau setelah Asar menjelang tenggelamnya matahari.

Read More

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: Tak ada sholat setelah Sholat Ashar sampai matahari terbenam. Tidak ada Sholat sesudah Sholat Subuh sampai matahari terbit. (HR.Muslim No.1368)

Doa Selesai Sholat Istikharah

Inilah doa yang bisa kita panjatkan setelah sholat istikharah:

doa sholat istikharah

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku minta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu, dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan ke-Maha Kuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (disebutkan masalahnya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku –atau Nabi bersabda “di dunia atau di akhirat“- takdirkanlah untukku, mudahkan-lah jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkanlah persoalan tersebut dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku “

Sungguh, tidak akan menyesal bagi orang yang beristikharah kepada Sang Pencipta dan bermusyawarah kepada Makhluk-Nya yang beriman dan berhati-hati dalam menangani persoalan.

Rasulullah SAW bersabda: Tidak kecewa orang yang istikharah, tidak menyesal orang yang bermusyawarah dan tidak akan melarat orang yang hemat. (HR. Thabrani)

Allah SWT berfirman:

“…Dan bermusyawarahlah kepada mereka (para shahabat) dalam urusan itu. Bila kamu telah membulatkan tekad, bertawakkal-lah kepada Allah”. (QS. Ali Imran: 159).

Semoga kita mendapatkan jawaban terbaik dari doa-doa yang kita panjatkan. Jawabannya tidak selalu berupa mimpi, namun juga kemantapan hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *