Doa Mengusir Setan dan Segala Bentuk Bisikannya

  • Whatsapp
doa mengusir setan
dok: xtremis

Ada doa mengusir setan. Sebab setan adalah mahluk ciptaan Allah Azza Wa Jalla yang nyata dan tak kasatmata. Keberadaannya kerap mengganggu manusia, baik yang beriman maupun tidak beriman.

Setan juga mengganggu kita saat sedang sholat. Tidak ayal jika kadang kita lupa jumlah rakaat.

Read More

Setan mengganggu seseorang seraya berkata; ingatlah sesuatu yang semestinya harus tak diingat, yang pada akhirnya orang itu tidak menyadari berapa raka’at shalat yang telah ia laksanakan. (HR. Bukhari; 1146).

Setan juga kerap mengganggu saat kita sendirian. Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah mengatakan, “Jangan suka mengutuk setan di depan banyak orang, tapi justru menjadi pengikutnya di saat sedang sendirian.”

Lalu bagaimana doa mengusir setan?

Baca ta’awudz dan mengumandangkan azan

doa mengusir setan

“Berlindung kepada Allah darinya (dengan mengucapkan: “Audzu billahi minassyaitani rajiim”).

(HR. Abu Dawud: 1/206, Tirmidzi, lihat Shahih Tirmidzi: 1/77, lihat
Surat Al Mu’minuun: 98-99)

doa mengusir setan

“Mengumandangkan adzan”

(HR. Muslim: 1/291 dan Bukhari: 1/151)

doa mengusir setan

Melakukan zikir dan membaca Al Qur’an’.“Jangan jadikan rumahmu sebagai kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al Baqarah”. (HR. Muslim: 1/539)

Zikir Pagi dan Petang

Termasuk yang dapat mengusir setan adalah dzikir pagi dan petang.

Dari Anas dengan jalan marfu’: “Sungguh aku duduk bersama suatu kaum yang berdzikir kepada Allah dari shalat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang keturunan Ismail, dan sungguh aku duduk bersama suatu kaum yang berdzikir kepada Allah dari Shalat Ashar hingga terbenam matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat (orang budak) “. (HR. Abu Daud)

Zikir Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Alfurqon ayat 47, yang artinya: Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.

Doa sebelum tidur bisa dibaca di sini

Zikir masuk dan keluar rumah

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda:‏

“Jika seseorang keluar dari rumahnya, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya.

Lihat doanya di sini.

Selain itu zikir masuk dan keluar masjid, dan juga zikir lainnya yang disyari’atkan. Seperti; membaca ayat kursi saat hendak tidur, membaca dua ayat terakhir surah Al Baqarah dan lain-lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *