Doa Mendengar Petir, Latin dan Artinya

  • Whatsapp
mendengar petir
dok: unsplash

Ketika mendengar petir, kita perlu memanjatkan doa. Petir adalah peristiwa alam yang memiliki suara yang cukup mengagetkan. Hadirnya bisa ketika hujan turun atau tidak ada hujan sama sekali.

Menurut sebuah penelitian, kekuatan petir bisa sampai 200.000 ampere. Konon cukup untuk menyalakan 500 ribu lampu bohlam 100 watt. Energi yang terdapat pada satu sambaran petir rupanya cukup untuk listrik rumah selama dua minggu.

Read More

Kerasnya suara petir dan kehadirannya yang mendadak memang bikin kaget. Tidak hanya bagi orang yang normal namun juga menderita brontophobia. Apa itu? Brontophobia adalah fobia atau rasa takut berlebihan pada badai petir.

Untuk bangunan atau rumah, demi alasan keamanan, orang-orang menggunakan penangkal petir. Penangkal petir sendiri diciptakan oleh salah satu bapak pendiri Amerika Serikat, Benjamin Franklin, pada tahun 1752.

Doa Mendengar Petir

Dalam Islam segalanya ada doa. Termasuk dalam kasus mendengar peristiwa alam ini. Nah, Inilah doa yang perlu kita panjatkan:

doa mendengar petir

Subhanalladzi yusabbihurra’du bihamdihi wamalaaikatahu min hifatih

Artinya: “Maha suci Allah yang petir bertasbih dengan memuji-Nya dan begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya“.

Hikmah di Balik Petir

Setiap peristiwa alam seharusnya tidak berlalu begitu saja bagi seorang mukmin. Ada hikmah yang bisa diambil agar tidak termasuk golongan orang-orang yang merugi.

Lalu, apa saja hikmah di balik adanya petir yang menyambar-nyambar?

Pertama, petir adalah tanda kemahakuasaan Allah Azza Wa Jalla. Kita tidak bisa melawan atau menolak dan juga menghadirkan petir. Jika tersambar, apabila sudah takdir, maka kita tidak bisa menghindar. Namun dengan menggunakan doa di atas adalah bagian dari ikhtiar terhindar dari petir.

Kedua, pada petir kita belajar tentang sesuatu yang mendadak. Ujian atau musibah datangnya ibarat seperti hujan dan petir. Namun begitu, apabila berhentinya hujan dan petir, pelangi akan muncul. Itulah hikmah namanya.

Ketiga, datangnya petir membuat sebagian manusia takut. Ketakutan-ketakutan itulah yang membuat orang beriman menjadi sering berzikir dan berdoa. Hal ini bisa menenangkan dan merasa tidak mendapatkan pertolongan kecuali pertolongan Allah SWT.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *