Doa Melunasi Hutang, InsyaAllah Hutang Cepat Lunas!

  • Whatsapp
melunasi hutang
dok: powell

Doa melunasi hutang sangat dibutuhkan oleh kita sebagai seorang muslim. Memiliki hutang bikin hidup kita tidak tenang dan tidur tidak nyenyak. Hutang memang wajib untuk dibayarkan apabila sudah mampu untuk membayarkan.

Rasulullah SAW mengingatkan melalui sabdanya bahwa: “Penundaan pembayaran hutang bagi yang kaya adalah kezhaliman.” (HR. Bukhâri)

Read More

Selain sebagai bentuk kezaliman, pemilik hutang nanti di akhirat akan menerima balasannya. Balasannya berupa terhalang kita akan masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang beriman akan tertahan (masuk surga) bila dia masih menanggung hutang.” (HR. Tirmidzi)

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada tiga tips agar bisa melunasi hutang.

Yang pertama, memiliki keinginan kuat untuk melunasi. Dengan hasrat melunasi maka kita akan berusaha untuk mewujudkan kewajiban tersebut.

Yang kedua, mencatat hutang-hutang kita. Bisa berupa catatan manual lewat buku tulis atau juga bisa lewat aplikasi.

Allah SWT berfirman: “Dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya.” (QS.2:282).

Yang ketiga adalah dengan doa. Doa bisa mengubah keadaan yang tidak mungkin menjadi mungkin jika Allah yang menghendaki.

Doa Melunasi Hutang

Seperti yang terakhir disebutkan, inilah doa agar bisa melunasi hutang.

doa melunasi hutang

Allahummakfinii bihalalika ‘an haramika wa aghni bifadlika ‘amman siwak

Artinya: Ya Allah, cukupilah aku dengan (rezeki)-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu selain-Mu

doa melunasi hutang 1

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wal ‘ajzi wal kasal, walbuhl wal jubn, wadzola’iddain wa golabatirrizal.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman hutang dan laki-laki yang menindas-(ku).

Semoga kita, orangtua dan saudara kita terhindar dari hutang. Apabila terlibat hutang semoga lekas terlunasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *