Doa Ketika Bersin, Adab dan Balasannya

  • Whatsapp
split second
dok: split second

Bersin adalah sebuah kenikmatan dari Allah SWT. Selain itu juga merupakan proses alamiah berupa keluarnya angin dari hidung secara keras akibat respons sekitar seperti udara dingin, debu, alergi atau terdeteksinya bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Aktivitas alamiah ini lebih disukai Allah ketimbang menguap. Oleh sebab itu jika menguap ditahan semampu mungkin agar tidak keluar kata “haaah”.

Read More

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah menyukai bersin serta membenci menguap. Karenanya jika salah seorang dari anda bersin lalu dirinya memuji Allah, jadi kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, jadi dirinya tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dirinya hingga mengucapkan ‘haaah’, jadi setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari)

Sementara menurut sebuah penelitian, menahan bersin dengan cara menutup hidung rapat-rapat sangat tidak baik. Sebab dapat merusak pembuluh darah di otak dan leher, dan menyebabkan kematian.

Adab bersin

Sebelum bersin, ada adab yang perlu diperhatikan. Yang pertama yaitu tentang perintah meletakkan telapak tangan di muka dan memperpelan suaranya.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu bersin maka hendaklah meletakkan telapak tangan di mukanya dan hendaklah ia pelankan suaranya.” (HR. Hakim)

Setidaknya ada enam hak seorang muslim atas muslim yang lain;mengucap salam jika bertemu, mendoakan jika bersin, menjenguk jika sakit, menghadiri undangan jika diundang, mengiringi jenazah jika meninggal dunia, mencintainya seperti mencintai diri sendiri, dan mendoakannya di waktu tidak ada.

Yang kedua, adalah membaca doa ketika sedang bersin. Seperti apa doa ketika seorang muslim sedang bersin?

Doa ketika bersin

Agar bersin tidak berlalu sia-sia, sebaiknya tidak mengeluarkan ujaran yang tidak perlu. Apalagi mengeluarkan kata-kata kotor. Sebaiknya mengucapkan doa seperti yang diajarkan oleh Islam.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu bersin, hendaklah mengucapkan:

doa bersin

Alhamdulillah

Artinya: “Segala puji bagi Allah”,

Lalu saudara, teman, atau orang yang ada di dekat sebaiknya mengucapkan:

doa bersin 1

YarhamukaAllah

Artinya: “Semoga Allah memberi rahmat kepada-Mu”.

Bila teman atau saudara sudah mengucapkan doa seperti di atas, lalu bacalah:

doa bersin 2

Yahdikumullah wa yushlih baa lakum

Artinya: “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *