Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah, Latin Serta Artinya

  • Whatsapp
doa awal tahun, unsplash

Ini adalah doa akhir tahun dan awal tahun. Ya, sebentar lagi sudah akhir tahun dan awal tahun. Waktu seolah berjalan sangat cepat. Waktu yang ada seharusnya dimanfaatkan dengan optimal agar tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi.

Menjelang pergantian waktu dari akhir tahun ke awal tahun, seharusnya kita sikapi dengan baik. Agar kehidupan kita sebagai seorang muslim, di masa lalu diampuni oleh Allah SWT. Semoga awal tahun kita juga semakin lebih baik lagi. Lebih baik secara dunia dan akhirat.

Read More

Adanya akhir tahun dan awal tahun, selain disikapi dengan introspeksi diri (muhasabah) juga harus diikuti dengan permohonan kepada Allah SWT melalui doa. Baca juga: Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah, Beserta Artinya

Doa Akhir Tahun Hijriah

Berikut ini adalah doa akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW. Seperti yang dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 oleh Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma maa ‘amiltu min ‘amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jara’atî ‘ala ma‘shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma ‘amiltu fîha mimma tardha, wa wa‘attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa laa taqtha‘ raja’i minka ya karim.

Artinya, “Tuhanku, aku memohon ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.”

Doa Awal Tahun Hijriah

Berikut ini doa awal tahun yang bisa Anda baca seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi jûdikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadiidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithoni wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya, “Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.” Baca juga: 7 Cara Agar Bisa Bangun Tahajud

Waktu Membaca Doa

Kapan sebaiknya membaca doa ini? Doa akhir tahun bisa dibaca sehabis jamaah sholat Asar. Dibaca bersama-sama antar kerabat dan keluarga lebih lebih utama (afdal).

Sementara, untuk doa awal tahun bisa dibaca sehabis jamaah sholat Magrib. Bisa juga dilakukan bersama-sama (lebih afdal) ataupun sendirian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *