Gas Elpiji Tidak Menyala, Ini 3 Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
cara mengatasi gas elpiji

Gas elpiji tidak menyala, pernah? Salah satu permasalahan dapur yang sering dijumpai para ibu rumah tangga adalah gas liquified Petroleum gas (LPG) tidak bisa menyala padahal tabung gas baru saja beli. Indikator pada regulator juga menunjukkan tekanan artinya gas tidak kosong. Hal ini tentu membuat kondisi tidak nyaman dan mungkin juga memantik percik kemarahan di dalam kehidupan rumah tangga. Bumbu dan bahan-bahan masak sudah dipersiapkan sedemikian rupa tapi kompor tidak kunjung menyala.

Lantas apa yang harus dilakukan? Apakah mengembalikan ke warung dan mengganti dengan tabung gas baru? Bisa saja dilakukan. Namun bagaimana jika kondisinya masih sama dan tidak menemukan titik solusi dari permasalahan tersebut?

Read More

Sebelumnya, pastikan karet yang di tabung ada dan tidak cacat, berikut cara yang bisa dilakukan agar gas elpiji bisa menyala seperti sebelum-sebelumnya:

1. Lepas dan Goyang-goyang Regulatornya

Lepas dan angkat dulu regulator gas yang tadi sudah dipasang. Bila tidak terdengar suara gemerincing di regulator, artinya bola seperti pelor atau gotri sedang mengalami penyumbatan. Kalau kompor dinyalakan tidak terdengar desis gas.

Oleh sebab itu, ketuk-ketuk saja regulatornya dengan telapak tangan, goyang-goyang hingga terdengar suara gemerincing. Maka regulator akan berfungsi seperti semula. Kemudian pasang kembali regulator ke tabung gas dan kompor akan menyala.

2. Ketuk-ketuk Area Keluar Regulator

Regulator tidak perlu dilepas dari gas elpiji, hanya cukup diketuk-ketuk area keluar regulator dengan menggunakan alat seperti gagang tang atau gagang palu. Cukup pelan-pelan saja dan tidak perlu kencang-kencang. Tujuannya untuk mengalirkan aliran gasnya. Kemudian nyalakan kompornya, InsyaAllah bisa menyala.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

3. Bongkar Regulatornya

Gunakan obeng untuk membuka regulatornya. Sesuaikan juga obeng dengan jenis lubangnya agar bekerja dengan pas. Buka bagian penghubung selang di regulator. Putar-putar dengan tangan hingga selang dan regulatornya terlepas.

Jika regulator sudah berumur cukup lama, maka akan banyak kotoran menumpuk di bagian lubang regulator. Nah penyebab gotri atau pelor yang ada di pipa selang macet karena sudah terlalu ditempeli oleh minyak atau air. Untuk membuka bagian ini gunakan baut cacing, masukkan ke lubang pipa, putar mengunci dengan obeng. Setelah kencang, baru tarik dengan tang. Gotri akan mudah dikeluarkan.

Gotri (yang kotor tadi) yang menembak di ujung pipa  saat gas mulai kosong, tidak mau terlepas dia akan menempel terus saat penggantian tabung gas. Inilah yang menyebabkan aliran gas jadi tersumbat. Jadi untuk membersihkannya gunakan kain lap atau pun tisu. Lakukan hingga gotri benar-benar bersih dari kotoran. Bersihkan juga ujung pipa regulator dengan tisu yang diruncingkan. Setelah semuanya bersih pasang kembali, lalu nyalakan kompor niscaya akan kembali mengeluarkan api dan siap untuk memasak.

Setelah tiga cara ini sudah kamu lakukan semua namun tidak ada satu pun yang membuahkan hasil, sudah saatnya mengganti regulator. Bisa juga sekalian mengganti selang gasnya. Biasanya di toko serbaguna menjual dua produk ini ada yang terpisah dan ada yang satu paket. Barangkali regulator dan selang kamu sudah berusia cukup lama dan memang perlu diganti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *