8 Cara Membersihkan Kacamata yang Benar

  • Whatsapp
cara membersihkan kacamata

Ada cara membersihkan kacamata yang benar. Kacamata memang tidak hanya membantu kita untuk melihat. Namun juga soal gaya dan estetika. Memakai kacamata yang buram memang tidak menyenangkan, mengganggu pandangan dan merusak penampilan. Sangat disayangkan jika kacamata harganya mahal tapi bentuknya kumal.

Membersihkan kacamata setiap hari adalah cara terbaik agar wujudnya makin jernih  dan mencegah goresan lensa serta kerusakan pada bagian kacamata lainnya.

Read More

Disadari atau tidak, masih banyak yang melakukan kesalahan saat membersihkan kacamata.

Cara membersihkan kacamata

Ikuti tips ini untuk membersihkan lensa dan frame kacamata kamu tanpa risiko lensa tergores atau menyebabkan kerusakan lainnya.  Kiat pembersihan ini akan membantu kamu menjaga kacamata hitam, kacamata minus, dan kacamata olahraga dalam kondisi tetap prima dan kelihatan baru.

1. Cuci dan keringkan tangan kamu sampai bersih

Sebelum membersihkan kacamata, pastikan tangan kamu bebas dari kotoran, lotion, minyak dan apa pun yang dapat mengotori lensa.  Gunakan sabun yang bebas lotion atau gunakan sabun pencuci piring dan handuk bersih yang tidak berbulu untuk membersihkan tangan.

2. Bilas kacamatamu di bawah aliran air keran hangat

Ini akan menghilangkan debu dan kotoran lainnya, yang dapat membantu menghindari goresan lensa saat kamu membersihkannya.  Hindari air  panas, sebab hal itu dapat merusak beberapa lapisan lensa kacamata.

Baca juga: Cara Agar Bisa Bangun Tahajud

3. Berikan setetes cairan pencuci piring yang bebas lotion ke setiap lensa

Sebagian besar cairan pencuci piring memang pekat, jadi gunakan  sedikit saja.  Atau oleskan satu atau dua tetes ke ujung jari.  Gunakan cairan yang tidak mengandung lotion.

4. Gosok kedua sisi lensa dengan lembut dan semua bagian frame selama beberapa detik

Pastikan membersihkan setiap bagian, termasuk bantalan hidung (ini yang sering terlewatkan) dan ujung pelipis yang terletak di belakang telinga.  Juga, bersihkan area di mana ujung lensa bertemu dengan frame- debu, kotoran dan minyak kulit sering menumpuk di situ.

5. Bilas kedua sisi lensa dan frame dengan seksama

Jika gagal menghapus semua bekas sabun akan menyebabkan lensa ternoda ketika kamu mengeringkannya.

6. Goyang perlahan kacamata untuk menghilangkan sebagian besar air dari lensa

Periksa lensa dengan cermat untuk memastikan semuanya bersih. Tidak ada kerak debu yang menyelip di sela-sela frame.

Baca juga: Cara Mengatasi Gas Elpiji yang Tidak Menyala

7. Keringkan lensa dan frame secara hati-hati dengan handuk bersih yang tidak berbulu

Gunakan handuk piring yang belum dicuci dengan pelembut kain atau lembar pengering (zat ini dapat mengolesi lensa).  Lebih baik, handuk katun yang kamu gunakan untuk membersihkan kacamata.  Pastikan handuk bersih sempurna.  Kotoran atau kotoran yang terperangkap dalam serat handuk dapat menggores lensa;  dan minyak goreng, minyak kulit atau lotion di handuk akan bikin lensa memburuk.

8. Periksa kembali lensa

Jika ada goresan atau noda yang tersisa, lepaskan dengan kain mikrofiber bersih– kain bebas serabut ini tersedia di sebagian besar toko optik atau toko fotografi. Apabila saat membersihkan kacamata kamu tidak memiliki persediaan barang di atas, cobalah tisu pembersih lensa kemasan sekali pakai dan dibasahi sebelumnya. Jenis tisu ini diformulasikan secara khusus untuk digunakan lensa kacamata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *