7 Cara Agar Bisa Bangun Tahajud

  • Whatsapp
cara agar bisa bangun tahajud

Ada banyak cara agar bisa bangun tahajud. Namun sebelumnya simak kalimat berikut ini:

“Seutama-utama sholat setelah sholat fardhu adalah sholat sunnah pada sepertiga akhir malam.”

Read More

Demikian bunyi Hadits Riwayat Muslim. Sholat sunnah sepertiga malam di sini adalah sholat tahajud. Melalui sholat tahajud kita bisa menguatkan sinyal hubungan kita sebagai mahluk, terhadap Allah SWT sebagai sang pencipta alam.

Selain itu, kita juga bisa minta apa saja kepada Dzat Yang Maha Mendengar. Keluh kesah masalah pekerjaan di kantor, masalah rumah tangga, masalah pendidikan yang tidak kunjung selesai, masalah dagangan online yang makin banyak saingan, mungkin juga masalah jodoh yang tidak kunjung tiba. Sholat qiyamul lail ini merupakan satu di antara sekian waktu yang mustajab untuk berdoa. Mustajab artinya potensi dikabulkannya sangat tinggi. Seharusnya kita bisa memanfaatkan peluang ini.

PR besarnya adalah susahnya bangun malam untuk sekadar ke kamar mandi dan mengambil air wudhu lalu sholat. Apalagi kalau tidurnya sudah sangat nyenyak, bangun adalah kata yang cukup mengganggu.

Berikut beberapa cara agar bisa bangun di sepertiga malam untuk mendirikan tahajud:

1. Niat yang sangat kuat

Niat adalah hal yang sangat penting sebelum melakukan segala aktivitas. Lakukan kebaikan ini karena Allah, laksanakan kebaikan itu dengan baik. Hanya itu fungsi kita. Hasilnya, Allah penentunya. Termasuk niat bangun malam agar bisa tahajud.

Sebaiknya niat ini tidak usah diomongkan ke orang lain sebab bisa mengganggu proses. Lakukan saja rencana baik dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak bisa bangun, setidaknya sudah mendapatkan pahala karena sudah berniat. Kecuali kamu memiliki orang kepercayaan yang mau membangunkan tidur.

2. Jangan tidur lewat jam 10 malam

Tidur lebih awal maka akan bangun lebih awal, begitu logikanya. Kalau tidur semakin larut malam kemungkinan bangun juga akan  larut siang. Tidur lebih awal akan membuat kondisi tubuh lebih bugar sebab tubuh terpenuhi hak-haknya dan metobolisme berjalan dengan baik karena diistirahatkan tepat waktu. Nabi Muhammad SAW pun mencontohkan agar tidur setelah sholat Isya. Tidak harus selesai Isya benar jika ada beberapa hal yang belum kamu selesaikan semuanya.

3. Sempatkan tidur siang

Tidur atau istirahat siang tepatnya sesudah sholat Dzuhur sebelum Asar sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Aktivitas ini disebut juga Qoyluulah.

Lama waktu tidurnya tidak usah lama-lama, cukup 15 menit hingga 30 menit. Kalau terlalu lama hanya bikin kepala pusing dan mengganggu pekerjaan kamu. Tidur itu soal kualitas, bukan hanya kuantitas waktunya. Tidur ini bisa meng-cover tidur malam hari dan bisa bikin bangun malam.

4. Perhatikan posisi tidur, jangan asal berbaring

Sebuah penelitian menyebutkan jika tidur dengan posisi miring ke kiri akan mendapatkan mimpi buruk. Apabila posisi miring ke kanan akan mimpi indah. Hal tersebut senada dengan ajaran Rasulullah agar tidak miring ke kanan. Dalam dunia medis juga menyebutkan bahwa tidur miring kanan itu membantu jantung untuk memompa darah secara optimal.

Sementara posisi tengkurap adalah posisi tidur yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Dengan posisi tidur yang benar, maka tidur pun mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga memudahkan untuk bangun lebih awal.

5. Minum yang banyak sebelum tidur

Kebutuhan air putih bagi tubuh memang harus terpenuhi dengan baik. Minum sebelum tidur tidak saja menghilangkan haus dan memenuhi cairan tubuh, tapi juga bisa membuat kamu bangun. Sebab jika minum yang banyak maka akan keluarnya juga banyak. Kamu akan terbangun tengah malam karena ada sebuah panggilan alam yang membuat kamu pergi ke kamar mandi. Sehabis itu jangan langsung tidur, tapi ambil air wudhu sekalian untuk tahajud.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor

6. Nyalakan alarm

Sudah sejak lama alarm digunakan sebagai alat untuk membangunkan tidur. Bentuknya bisa jam weker maupun yang ada di ponsel pintar. Nadanya pun bisa ditentukan sesuai selera. Jangan sering nada alarmnya menggunakan lagu favorit, bisa jadi nanti kamu benci pada lagu itu.

Sebaiknya atur waktu alarm 15 menit lebih awal, sebab ini memungkinkan kamu bangun tepat waktu dengan keadaan yang lebih tenang, tidak grasa-grusu dikejar waktu Subuh.

7. Minta sama Allah dengan jelas

Selain doa sebelum tidur, kamu juga bisa doa, boleh menggunakan bahasa Indonesia, doa meminta kepada Allah SWT dibangunkan sepertiga malam agar bisa sholat tahajud. Ajaibnya, cara ini sangat cukup efektif dan sudah terbukti berhasil.

Di antara tujuh itu, kamu bisa memilih salah satu yang kamu rasa cukup mudah untuk dilaksanakan dan membuat kamu makin ketagihan untuk sholat tahajud.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *