Baca Doa Masuk Pasar, Dapatkan 1 Juta Kebaikan

  • Whatsapp
doa masuk pasar
pinterest

Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Di sana banyak kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang bisa kita temui.

Di pasar, ada beragam jenis karakter orang dan latar belakang pendidikan di sana. Dengan beragamnya orang itu beragam pula dalam menyikapi emosi. Selain itu, ada transaksi yang dihalalkan, ada juga transaksi yang tidak sesuai tuntunan. Demikian juga dengan pusat perbelanjaan lainnya seperti mal, supermarket dan lainnya.

Read More

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Tempat yang paling baik adalah masjid. Sedangkan tempat yang paling buruk adalah pasar”. (HR Ibnu Hibban)

Namun demikian, pasar juga digambarkan sebagai tempat untuk memperoleh rezeki yang halal.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda; “Seorang lelaki yang membawa seutas tali kemudian dia mencari kayu bakar dan membawanya ke pasar untuk menjualnya sehingga dia merasa cukup menafkahi dirinya,adalah lebih baik baginya daripada meminta-minta.” (HR. Ahmad)

Lantas, bagaimana? Seperti aktivitas lainnya, sebelum masuk pasar dianjurkan untuk membaca doa.

Doa Masuk Pasar

Dari Umar Radhiyyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa masuk pasar, lalu membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lah, lahulmulku walahul hamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir. Wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan, menghapus darinya satu juta keburukan dan meninggikan untuknya satu juta derajat.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan membaca doa, kita berharap terhindar dari penyesalan dan gangguan. Penyesalannya bisa berupa beli barang yang tidak perlu, tidak mudah emosian dengan pembeli lain atau pedagang dan perbuatan zalim lainnya. Selain itu juga agar kita tidak lalai untuk mendirikan sholat, apalagi meninggalkannya.


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *